Kamis, 22 September 2011

Karimun Jawa

Udah lama memendam keinginan berlibur ke Karimun Jawa....
Mahalnya biaya dan syarat adanya jumlah minimun peserta, membuat keinginan itu bagai mimpi di siang bolong.

Ternyata tidak juga. Pada pertengahan bulan Juni 2011, Kristin, pengerja Data Center, tiba-tiba mengajak ke Karja (Karimun Jawa). Kabarnya, dia diajak oleh Fictor, gembala pemuda barat.
Langsung saya setuju. Promosi disebar. Banyak yang mendaftar. Peserta terkumpul 15 orang.

Setelah nego dengan tour guide (Mas eka dari Karimun Jawa Beach Adventure), diperoleh harga 435 rb untuk wisata 4 hari 3 malam. Kami sepakati akan berangkat pada Senin, 29 Agustus dan pulang pada Kamis, 1 September 2011. Sewa elf 14 seat, kena 2.800.000 untuk PP Surabaya - Jepara.
 No telp. Mas eka: 085290782535

Awal bulan Juli, semua peserta bayar 200 rb untuk booking travel Karja dan Elf.

Naas....awal agustus ada pemberitahuan tentang perubahan jadwal kapal.
Kapal hanya berangkat pada Minggu pagi, 28 Agustus dan ada lagi pada hari Jumat pagi, 2 September 2011.
Beberapa peserta mengundurkan diri karena terbentur jadwal kerja. Masalah lain, Elf tidak bisa berubah jadwal. Dari 15 orang berkurang menjadi 9 orang.

Tuhan tidak pernah meninggalkan kita! Setelah pertemuan di D-Cost KAZA (Kapas Krampung Plaza), anggota tersisa sepakat melanjutkan rencana, mulai mencari elf lain dan mencari pengganti teman-teman yang mundur.

Puji Tuhan, pada hari-hari terakhir sebelum hari H, kami menemukan sejumlah pengganti. Peserta terkumpul 13 orang. Demikian juga kami mendapatkan Elf dengan harga murah di Banuwa Kita (Pak Nur, 031-8291702, 70861020, 085731660635). Waktu itu, karena lebaran kita kena 3 juta PP. Pulangnya kita tidak pakai Banuwa, tetapi memakai Elf dari rekan guide travel Karja.
Disinilah perjalanan kami akhirnya dimulai!

Kami berkumpul di gedung P&B, pada hari Sabtu (27/8), pukul 20.30 WIB.
Anak-anak melunasi kekurangan biaya masing-masing di Kristin (Bendahara). Kami harus menunggu Mas Novian yang sedang bertugas di ibadah ProM.
Tepat pukul 22.00 WIB, Elf berangkat menuju Pelabuhan Kartini Jepara.
Meskipun waktu itu ada arus mudik, tapi jalanan sepi dan lengang. Perjalanan yang semula direncanakan 6 jam, bisa ditempuh dalam 5 jam saja. Sampai di Pelabuhan Jepara pukul 03.00 dini hari.
Turun di pelabuhan jepara, kita semua makan di warung.
Pukul 05.00 WIB, kita ketemuan sama mas eka. Dia membagikan tiket kapal KMP Muria dan anak-anak langsung naik kapal. Kapal berangkat pukul 08.30 WIB.

Harga tiket cuma Rp. 28.500, 00
KMP Muria

Perjalanan ke Karja dengan KMP Muria ditempuh selama 6 jam.
Lama buanget......posisi duduk apa aja kita dah coba..tapi waktu seperti berjalan pelan sekali. Pengen tidur juga susah....antimo tidak mempan (melawan goyangan kapal)......

Sampai di pelabuhan Karja pukul 15.00 WIB. Kesan pertama saya adalah TAKJUB!
Pelabuhannya benar-benar bersih, rapi, dan pantainya bening sekali. Pemandangannnya ga kalah sama yang ada di website2....

Lalu kita naik bison menuju home stay.

Home stay itu adalah rumah penduduk yang dimodifikasi menjadi penginapan.
Beruntung, kami waktu itu mendapat homestay dengan dua kamar memiliki kamar mandi dalam.
Home stay nya bersih.

Di homestay disuguhi seafood dan es degan...segeerrr...

Hari pertama tidak ada aktivitas. Hanya bersitirahat dan jalan-jalan di Alun-alun Karja dan menikmati makanan di warung Bu Ester (warung satu-satunya yang buka saat itu)

Hari kedua, pukul 05.00 WIB, saya dan Andreas jalan-jalan liat sunrise di Pelabuhan Karja.
Foto2 di halaman belakang Laguna Inn.

Jalan di karja
 Di dekat gerbang pelabuhan ada himbauan bagi penyelam

Setelah mandi dan makan pagi, pukul 08.00 WIB, kami dijemput mas eka menuju pelabuhan alun-alun untuk memulai wisata laut.

Snorkling

Makan ikan bakar

Snorkeling lagi.....bermain dengan ikan

Mampir tanjung gelam

Hari ketiga, tidak ada jadwal dari mas eka alias libur. Kami dibebaskan untuk berwisata sendiri. Akhirnya kami menyewa mobil pick up untuk wisata darat. Pak bambang, nahkoda kami, setuju menjadi tour guide kami.

Pertama, mengunjungi wisata mangrove.

Pulang dari hutan mangrove, mampir ke rumah penduduk beli kepiting bakau (1 kg:Rp.30.000)

Ke pantai pasir putih.

Makan siang di bawah pohon kelapa....beli degan dari warga setempat (murah: 5000/buah)

Ke kampung Bugis.

Balik lagi ke Homestay. Makan malam di Bu Ester. Maknyus....
foto di bawah pohon besar di dekat alun-alun

Hari keempat, masih acara bebas. Kali ini, saya bersama beberapa teman menyewa motor (75 rb/hari) untuk wisata ke Nirwana Resort .

Balik ke homestay, istirahat. Sorenya mencari souvenir dan makan di warung bu ester (lagi...karena satu-satunya)

Hari kelima, mas eka mengajak kami ke pulau tengah, pulau kecil, pulau gosong dan penangkaran hiu.
Hari terakhir ini yang paling seruuuuuu!

Menu makan siangnya adalah makan cumi bakar di pantai.

Malamnya kami semua langsung nyuci baju basah.....supaya pulang sudah bawa baju bersih.

Di bawah ini adalah foto seluruh anggota tim saya...13 orang..

Pukul 04.00 WIB, mas eka ke homestay, minta kami cepat bangun dan berangkat ke pelabuhan.
Aneh, padahal kapal dijadwalkan berangkat pukul 08.30 WIB.
Untung anak2 kooperatif. Pukul 05.00 WIB semua sudah berjalan ke pelabuhan karja.
Pukul 07.00 WIB kapal berangkat. Untung kami sudah di atas kapal!

Di pelabuhan Kartini, kami dijemput mas sam regar.
Mas Sam ini gawe di travel...telp. 085294557100
Sampai Surabaya pukul 22.00 WIB.

Habis liburan, jiwa disegarkan, kerja dan pelayanan jadi maksimal....chas!!!